KUE PISANG NAGASARI ENAK DAN LEMBUT

KUE PISANG NAGASARI ENAK DAN LEMBUT. Kue ini termasuk jenis jajanan pasar khas indonesia yang sangat umum kita jumpai di hampir seluruh wilayah indonesia.hhm nagasari salah satu jajanan favorit chef  untuk sarapan pagi ditemani teh atau kopi.kalau bunda mau coba buat sendiri ,chef bantu dengan resep dan cara membuatnya.

Bahan Pisang nagasari 


  • 125 gram tepung beras
  • 10 gram tepung tapioca / aci
  • 125 gr gula pasir
  • 250 grm santan cair
  • 200 gram santan kental
  • garam
  • pisang tanduk/raja


Cara Membuat Pisang Nagasari 

  1. tepung beras & gula diadonin dengan santan cair hangat,
  2. lalu masak diatas api sampai matang.
  3. Angkat dan biarkan sampai ½ dingin.
  4. Masukkan aci dan santan kental,aduk sampai rata.
  5. Dan bungkus dengan daun pisang.
  6. Tengahnya diberi pisang.
  7. kukus 15 menit.

Tips Membuat Pisang Nagasari 

  1. Santan cair & daun pandan dimasak sampai hangat (sekuat tangan kita terhadap panasnya).  Tepung beras, dan gula diaduk,Masukkan santan cair hangat, aduk sambil dipukul-2 lalu saring.
  2. Lalu masak pakai api kecil - sedang,sambil diaduk-2 sampai kental
  3. jangan sampe kekentalan ya bun. Lalu matiin apinya.
  4. Sampai agak dingin,masukkan aci,garam & santan kentalnya.Aduk rata. Kalo menggerindil saring adonannya.
  5. Daun pisang beli yang masih muda jangan ketuaan. Daun pisang yg dipakai 2 buah,yang besar untuk diluar dan yang didalam yg kecil.
  6. Pisang tanduk dipotong  bulat. Ambil 1 sdm adonan ke tengah daun pisang,taruh pisangnya ditengah. beri 1 sdm adonan lagi di atas pisang tadi, Lipat daun pisang berbentuk kotak. Kukus sampai matang.
  7. Jangan lupa  bun Bungkusnya dibalikkin . sesudah matang baru dibalikkin lagi, Gunanya untuk tetap menjaga pisang berada di tengah biar tampak cantik dan bagus.
Biasanya kue nagasari selain menggunakan tepung beras bisa juga diganti dengan tepung hunkwe.Tepung hankwe mempunyai kelebihan dibandingkan tepung beras tekstur kue lebih kenyal dan lebih wangi.Mungkin banyak yang belum tau kalau tepung hankwe ini dibuat dari kacang hijau.Dari segi harga tepung hankwe jauh lebih mahal dari tepung beras.

Untuk jualan lebih baik menggunakan tepung beras sementara untuk konsumsi keluarga lebih baik pakai tepung hankwe.Apakah tepung hankwe tidak bagus buat jualan ? justru bagus jika segmen pasarnya untuk kalangan berduit.karena kualitas rasa dan aromanya lebih baik dari tepung beras.Semoga resep ini bisa menjadi favorit keluarga di rumah selamat mencoba dan sukses selalu untuk bunda.

Post a Comment for "KUE PISANG NAGASARI ENAK DAN LEMBUT"